tugas spi

Tugas UTS SPI

Nama: Julian Eka Riyanti

NIM: 1110018200010

Jurusan: KI-Manajemen Pendidikan

Mata Kuliah: Sejarah Pendidikan Islam

1.PERTANYAAN

Jawab:

A.Pengertian Sejarah Pendidikan Islam

Sebelum menjelaskan tenteng apa itu Sejarah Pendidikan Islam ada baiknya kita mengetahui pengertian dari sejarah dan pendidikan islam. Kata sejarah sendiri dalam bahasa arab disebut tarih, yang menurut bahasa berarti ketentuan masa. Sedang menurut istilah berarti ”keterangan yang terjadi di kalangannya pada masa yang telah lampau atau pada masa yang masih ada”. Kemudian yang dimaksud dengan ilmu tarih, ialah ”suatu pengetahuan yang gunanya untuk mengetahui keadaan-keadaan atau kejadian-kejadian yang telah lampau maupun yang sedang terjadi di kalangan umat”

Dikutip dari buku sejarah peradaan Islam editor Siti Maryam, dkk. Pengertian sejarah secara etimologi berasal dari kata bahasa arab ”syajarah”, artinya ”pohon kehidupan”, makna sejarah paling sedikit memiliki dua konsep terpisah yaitu sejarah yang tersusun dari serangkaian peristiwa masa lampau, keseluruhan pengalaman manusia dan sejarah sebagai suatu cara yang dengannya fakta-fakta diseleksi, diubah-ubah, dijabarkan dan dianalisis.

Pendidikan Islam menurut DR. H. Maksum M yaitu segala proses pendidikan Islam yang bersumber dari Al-Quran, sunnah Nabi, perkataan dan perbuatan sahabat, ijtihad para ulama. Untuk membentuk kepriadian muslim yang tangguh dan mampu mengatasi masalah-masalah dikehidupannya dengan cara Islam, sehingga tercapai tujuan akhir yaitu bahagia dunia dan akhirat dengan Ridho Allah.[1]

Melihat dari pengertian di atas menurut saya pengertian sejarah pendidikan islam adalah serangkaian peristiwa masa lampau mengenai pendidikan islam dari masa ke masa dan, berlangsung sampai sekarang. Dimana peristiwa masa lalu tersebut sangat mempengaruhi akan perkembangan pendidikan khususnya pendidikan islam pada masa saat ini.

B. Manfaat mempelajari Sejarah Pendidikan Islam

Manfaat SPI antara lain adalah:

  • Sebagai teladan, sebagaimana kita ketahui bahwa Rasulullah adalah teladan yang utama bagi kita sebagaimana bunyi QS. al-Araf:158 “Dan hendaklah kamu mengikuti dia(Rasulullah) supaya kamu mendapat petunjuk”. Seperti kita ketahui dalam SPI banyak juga dibahas mengenai sifat Rasulullah dan bagaimana ia mengajar. Untuk itu saya pikir SPI sangat bermanfaat dipelajari karena ketika kita mempelajari SPI maka otomatis kita juga akan mempelajari keteladanan Rasulullah dan mendapatkan teladan yang baik serta bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Selain itu bagi para mahasiswa Tarbiyah atau Keguruan sangat penting mempelajati SPI karena dengan begitu kita dapat mengetahui kurikulum dan metode pengajaran dari jaman Rasulullah dan dapat kita gunakan sebagai perbandingan dan perbaikan bagi pengembangan kurikulum dan metode pengajaran pada masa sekarang.
  • Mengetahui dan memahami pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam, sejak zaman lahirnya sampai sekarang.
  • Mengambil manfaat dari proses pendidikan Islam, guan memecahkan problematika pendidikan Islam pada masa kini.
  • Memiliki sikap positif terhadap perubahan-perubahan dan pembaharuan-pembaharuan sistem pendidikan Islam.[2]

C.Periodisasi Pendidikan Islam

periodisasi pendidikan islam terbagi menjadi 5 (lima) yaitu:

Masa Pendidikan awal (masa Rasulullah)

  • merupakan prototipe yang terus menerus dikembangkan umat islam
  • belum sistematis
  • diartikan pembudayaan ajaran islam yaitu memasukkan ajaran-ajaran islam dan menjadikannya sebagai sebagai unsur budaya bangsa arab dan menyatu di dalamnya.
  • Terbentuk sistem budaya islam.
  1. Perkembangan Pendidikan Islam (Khulafaur Rasyidin)
  • Mengangkat dan menunjuk guru-guru di setiap daerah yang bertugas untuk mengajarkan alquran dan ajaran islam
  • Sahabat diperbolehkan meninggalkan madinah untuk mengajarkan ilmu
  • Pembudayaan ajaran agama islam ke dalam lingkungan budaya bangsa-bangsa secara luas.
  1. Masa kejayaan pendidikan islam
  • Berkembang pesatnya kebudayaan islam secara mandiri
  • Ilmu pengetahuan dan kebudayaan islam berkembang secara pesat
  • Awalnya perpaduan unsur-unsur budaya islam dengan budaya bangsa romawi, persia dll.
  1. Kemajuan bukan hanya di bidang ilmu agama islam tetapi juga ilmu pengatahuan secara umum.Masa kemunduran pendidikan Islam 13M-18 M
  • Telah berlebihnya filsafat
  • Para pemimpin melalaikan ilmu pengetahuan
  • Banyak terjadi pemberontakan dean serangan dari luar
  1. Mengalami stagnasi.Pembaharuan pendidikan islam
  • Awal di khalifah turki usmani, karena kekalahan kerajaan turki usmani dalam perang melawan eropa
  • Sultan ahmad III mengirimkan duta untuk mengamati keunggulan barat
  • Dipelopori oleh muhammad Ali
  • Madrasah didirikan sebagai respon terhadap dualisme sistem pendidikan islam tradisional dan pendidikan modern[3]

2.pertanyaan

Jawab:

3.Pertanyaan

Jawab:

Yang melatarbelakangi kemajuan pendidikan islam pada masa golden age adalah:

  1. Maktab/Kuttab dan masjid, yaitu lembaga pendidikan terendah, tempat anak-anak mengenal dasar-dasar bacaan, hitungan dan tulisan; dan tempat para remaja belajar dasar-dasar ilmu agama, seperti tafsir, hadits, fiqh dan bahasa.
  2. Tingkat pendalaman. Para pelajar yang ingin memperdalam ilmunya, pergi keluar daerah menuntut ilmu kepada seorang atau beberapa orang ahli dalam bidangnya masing-masing. Pada umumnya, ilmu yang dituntut adalah ilmu-ilmu agama. Pengajarannya berlangsung di masjid-masjid atau di rumah-rumah ulama bersangkutan. Bagi anak penguasa pendidikan bisa berlangsung di istana atau di rumah penguasa tersebut dengan memanggil ulama ahli ke sana.[4]

4.pertanyaan

Jawab:

  • Faktor-Faktor Pendukung Masa Keemasan.
    Terjadinya asimilasi antara bangsa Arab dengan bangsa-bangsa lain yang lebih dahulu mengalami perkembangan dalam bidang ilmu pengetahuan. Pada masa pemerintahan Bani Abbas, bangsa-bangsa non Arab banyak yang masuk Islam. Asimilasi berlangsung secara efektif dan bernilai guna. Bangsa-bangsa itu memberi saham tertentu dalam perkembangan ilmu pengetahuan dalam Islam. Pengaruh Persia, sebagaimana sudah disebutkan, sangat kuat di bidang pemerintahan. Disamping itu, bangsa Persia banyak berjasa dalam perkembangan ilmu, filsafat dan sastra. Pengaruh India terlihat dalam bidang kedokteran, ilmu matematika dan astronomi. Sedangkan pengaruh Yunani masuk melalui terjemahan-terjemahan dalam banyak bidang ilmu, terutama filsafat.
  • Gerakan terjemahan yang berlangsung dalam tiga fase. Fase pertama, pada masa khalifah al-Manshur hingga Harun al-Rasyid. Pada fase ini yang banyak diterjemahkan adalah karya-karya dalam bidang astronomi dan manthiq. Fase kedua berlangsung mulai masa khalifah al-Ma’mun hingga tahun 300 H. Buku-buku yang banyak diterjemahkan adalah dalam bidang filsafat dan kedokteran. Fase ketiga berlangsung setelah tahun 300 H, terutama setelah adanya pembuatan kertas. Bidang-bidang ilmu yang diterjemahkan semakin meluas.[5]

[1] ???????

[2] ?????

[3] Laily Nur Arifa, sejarah pendidikan islam, file:///C:/DOCUME~1/ADMINI~1/LOCALS~1/Temp/sejarah%20pendidikan%20islam%20%C2%AB%20lely%27s%20directory.htm, (Kamis, 21 April 2011,13.18)

[4] Kcpkiainws, MASA KEEMASAN ISLAM BANI ABBASYIAH, http://kcpkiainws.wordpress.com/2009/06/04/masa-keemasan-islam-bani-abbasyiah/, (Rabu, 20 April 2011, 16.53)

[5] Kcpkiainws, MASA KEEMASAN ISLAM BANI ABBASYIAH, http://kcpkiainws.wordpress.com/2009/06/04/masa-keemasan-islam-bani-abbasyiah/, (Rabu, 20 April 2011, 16.53)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s