Percy Jackson and The Olympians: The Sea Of Monster (Lautan Monster)

Di buku kedua Percy Jackson and The Olympians: The Sea Of Monster, di ceritakan kalau d sekolah baru ny Percy ketemu dengan Tyson. Tyson ini d cerita’in sebagai seorang yang tinggal di gang dan punya tubuh super besar. Suatu hari pas ada kunjungan dari sekolah lain, tapi tiba2, 3 orang murid ny berubah menjadi monster yang bisa mengeluarkan bola api. Pas Percy di serang sama salah satu monster, Tyson berhasil menyelamatkan Percy, namun yang membuat Percy bingung, kenapa Tyson bisa menahan bola api yang panas. Ternyata, Tyson adalah seorang Cyclops, yaitu monster mata satu yang memang biasa ny bekerja d tempat penempaan. Setelah Percy dan Tyson berhasil selamat dari ledakan di sekolah ny Percy dengan bantuan Annabeth, mereka bertiga menuju perkemahan blesteran.

Namun, ternyata keadaan di perkemahan blesteran sedang gawat, karena ternyata pohon Thalia yg selama ini melindungi perkemahan blesteran sudah di racun. Pohon Thalia sendiri dulu ny adalah putri Zeus yang sekarat karena melindungi teman ny dan sebelum meninggal, Zeus menjadikan ny sbeuah pohon pinus yg menjaga perkemahan blesteran, dan akibat pohon Thalia di racun pelindung sihir perkemahan blesteran melemah. Gara2 pohon Thalia di racun juga, Chiron(Centaurus) yg merupakan guru d perkemahan blasteran di salahkan oleh pak D (Dionysus) dan akhir ny di pecat, sbg pengganti Chiron, Pak D menunjuk Tantalus, Tantalus ini adalah org dr dunia bawah, kalau dia mencoba makan atau minum maka makanan atau minuman tsb bakal kabur dari Tantalus, karena Tantalus kyk d kutuk gto dh.

Pas sampai d perkemahan blesteran, ada hal yg mengejutkan terjadi juga. Ternyata Tyson adalah putra dari Poseidon juga. Jadi Tyson adalah putra dari Poseidon dgn arwah liar, maka ny anak ny jadi monster. Hal ini lantas membuat Percy sebal, karena Percy gak terima klo dia punya saudara tiri seorang monster, walaupun Percy sayang sama Tyson.

Selain itu ada hal lain lagi yg menggangu Percy, yaitu keberadaan Grover. Grover yg sedang mengembara utk mencari Pan dewa yg hilang ternyata di culik Cyclops jahat bernama Polyphemus. Cerita ny Polyphemus th hampir buta dan dy mengira klo Grover th Cyclops betina dan pengen menikahi ny, wkwkwk. Maka dari itu karena Grover dan Percy pnya ikatan batin gto, Grover meminta d selamatin sama Percy lewat mimpi.

Singkat kata, akhir ny perkemahan blesteran punya cara utk menyembuhkan pohon Thalia ya itu dgn bulu domba emas. Dan kebetulan, bulu domba emas tsb d miliki oleh Polyphemus. Maka dari itu Percy mengajukan diri utk menjalankan misi tsb, tapi Tantalus menolak dan dia malah lebih memilih Clarisse utk menjalankan misi tsb. Dan pulau tempat tinggal Polyphemus sendiri ada di kawasan segitiga bermuda.

Pas gak d ijinkan utk menjalankan misi oleh Tantalus, Percy akhir ny ketemu dgn Hermes. Hermes sendiri kyk meminta Percy utk menyelamatkan anak ny Luke dari Kronos, maka ny Hermes membantu Percy, Annabeth dan Tyson utk berangkat menuju tmpt Polyphemus. Hermes mengirim Percy dkk ke sebuah kapal yaitu Putri Andromeda yg ternyata adala markas besar Luke dan pasukan Kronos lain ny. Gak butuh waktu lama utk Luke menyadari ada penyusup di kapal ny. Akhir ny Luke berhasil menangkap Percy dkk, tapi berkat termos yg d berikan oleh Hermes, dimana termos nh berisi semacam angin yg bisa mendorong pemakai ny. Percy dkk selamat dan terdampar.

Pas mereka terdampar mereka kyk menemukan kedai donat monster yg khusus buat monster2. Ketika mereka hampir kalah sama Hydra, tiba2 muncul Clarisse yg membantu mereka. Akhir ny Clarisse mengijinkan Percy dkk menumpang di kapal ny dan menuju ke pulau Polyphemus bersama-sama. Dan ternyata kapal yg d naiki Clarisse adalah kapal org mati, jadi semua awak dan kapten kapal ny adalah hantu2 yg kalah perang.

Ketika mereka sdh hampir sampai pulau Polyphemus ada masalah lain yg menghadang yaitu jalan masuk ke segitiga bermuda berada tepat di antara Charybdis dan Skylla. Charybdis sendiri adalah monster laut yg bentuk ny Cuma berupa mulut dan gigi dan dia menghisap segala ny, sementara Skylla di novel ny Cuma di jelasin kyk kepala2 ular dan meerenggut semua yg ada d atas kapal. Inti ny Clarisse lebih memilih utk melintasi Charybdis. Dan ketika keadaan makin memburuk, Percy akhir ny berhasil di tangkap sama Skylla. Dan pas Percy berhasil d tangkap oleh Skylla, kapal yg mereka tumpangi meledak dgn Annabeth, Tyson dan Clarisse d dlm ny. Percy sendiri ketika d tangkap oleh Skylla berhasil menikam Skylla, sehingga Skylla melepaskan Percy dan Percy akhir ny berhasil selamat dgn menggunakan termos pemberian dari Hermes.

Ketika sadar, Percy ada d perahu dayung dgn Annabeth di samping ny, tp keberadaan Clarisse dan Tyson gk d ketahui. Dan mereka terdampar di pulau Circe, Circe sendiri adalah penyihir yg gk suka sama pria, tp sewaktu mereka masuk k dlm pulau itu, Percy dan Annabeth gk tahu kalau itu adalah pulau Circe, mereka brw tahu kalau itu adalah pulau Circe ketika Percy d rubah menjadi marmut oleh Circe. Tapi berkat vitamin yg d berikan oleh Hermes, Percy bisa balik ke tubuh manusia ny dan berhasil keluar dari pulau Circe bersama Annabeth. Lalu dengan kapal bajak laut yg bajak laut ny juga d rubah jadi marmut oleh Circe, Percy dan Annabeth pun akhir ny menuju pulau Polyphemus. Walau kapal tsb kapal bajak laut tapi bentuk ny sendiri berbentuk kapal layar kuno.

Sebelum sampai ke pulau Polyphemus sendiri Annabeth dan Percy harus melewati pulau tempat Siren berada, Siren sendiri adalah monster separuh burung dan kepala manusia. Jadi Siren nh bisa nyanyi dan nyanyian ny th bisa memberitahu kita apa kelemahan utama kita. Dan Annabeth tertarik buat denger suara ny Siren, dan dia minta ke Percy buat mengikat dia d tiang kapal dan apapun yg terjadi jgn biarin dia lepas. Percy sendiri gk tertarik dgn nyayian Siren dan nutup telinga ny dia pakai semacem lilin gto. Pas kapal udh berhasil melewati pulau Siren, si Annabeth nangis minta di lepasin tp Percy cuek, krn Annabeth sendiri udh minta spya Percy gk ngelepasin dy. Tp tiba2 Annabeth udh ilang dari kapal dan berenang ke arah pulau Siren. Percy pun lgsng berenang menuju Annabeth, pas Percy udh memegang Annabeth dy melihat gambaran dmna, ayah dan ibu Annabet serta Luke sedang bersama dan menyambut Annabeth dan itulah kelemahan terbesar Annabeth yaitu kebeanggan berlebihan.

Singkat ny mereka berdua berhasil ke pulau Polyphemus. Dmna ternyata Clarisse berhasil selamat dan d tawan oleh Polyphemus dan ingin d jadikan istri karena, akhir ny Polyphemus tahu klo Grover adalah Satir dan ingin memakan Grover. Tp berkat Percy dan Annabeth, Clarisse dan Grover berhasil selamat. Ketika mereka berusaha mengambil bulu domba emas, akhir ny Polyphemus menyadari klo ada manusia, pas Polyphemus menyerang dan membuat Percy dkk pontang panting, muncullah Tyson yg menyelamatkan Percy dkk.

Singkat ny lagi, Percy dkk berhasil membawa bulu domba emas. Pas mereka terdampar d pantai miami, Percy akhir y menyuruh Clarisse menyerah kn bulu domba emas itu duluan ke perkemahan blesteran, hal ini sempat membuat Grover dan Annabeth sewenen. Tapi, karena Percy tahu klo Ares udh mengancam Clarisse supaya bisa menjalankan misi dgn baik dan Clarisse sendiri ingin membanggakan ayah ny. Maka Percy menyuruh Clarisse pergi duluan ke perkemahan Blasteran supaya Clarisse bisa menjadi pahlawan.

Tapi setelah Clarisse pergi muncul Luke yg langsung manahan Percy dkk. Pas d tahan Percy dgn cerdik ny berhasil mengirim pesan Iris k perkemahan blasteran dan memberitahu bahwa Luke lha yg meracuni pohon Thalia. Luke yg marah karena rencana ny d ketahui oleh perkemahan blasteran menyerang Percy. Percy dkk yg sudah terdesak tiba2 di tolong oleh kuda poni pesta yaitu perkumpulan Centaurus, dmna Chiron membawa saudara2 ny menyelamat kn Percy, akhir ny pasukan Luke kabur akibat serangan pasukan Centaurus. Dan para Centaurus pun membawa Percy dkk kembali ke perkemahan.
Di perkemahan sendiri, akhir ny Chiron d angkat kembali menjadi guru d perkemahan blasteran dan Tantalus kembali ke dunia bawah. Lalu bulu domba emas pun d gantung d pohon Thalia agar pohon itu sehat kembali. Setelah beberapa lama, sihir bulu domba emas berhasil membuat pohon Thalia sehat kembali. Namun ketika malam datang tiba2 d bawah pohon Thalia tergeletak seorang gadis, awal ny Percy tidak tahu syp gadis itu. Tapi akhir ny Percy sadar bahwa gadis itu adalah Thalia, putri dari Zeus yg ketika sekarat krn menolong teman ny, ia d rubah menjadi pohon oleh Zeus. Karena kekuatan bulu domba emas terlalu besar, ternyata ia juga telah menyembuhkan Thalia.

Bersambung ke buku ketiga ^^
Insya ALLAH, guw juga bakal ngepost ringkasan novel Percy Jackson and The Olympians: The Titan’s Curse #3. ^^A

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s